- Sekumpulan pembeli dan penjual barang atau jasa tertentu.
- Suatu instuasi yang pada umumnya tidak berwujud. secara fisik yang mempertemukan penjual dan pembeli suatu komoditas ( barang dan jasa )
Persaingan
Pasar persaingan sempurna
Dibentuk oleh dua karakteristik utama yaitu:
- Barang-barang yang sedang ditawarkan semuanya sama.
- Pembeli dan penjual sedemikian banyaknya sehingga tidak ada seorang pembeli atau penjual pun yang dapat mempengaruhi harga
Pasar Persaingan tidak Sempurna
- Monopoli : pasar yang hanya memiliki seorang penjual, dan penjual inilah yang menetapkan harga.
- Oligopoli : Pasar yang hanya memiliki sedikit penjual dan dan para penjual tidak selalu bersaing secara agresif.
- Persaingan Monopolistik : Pasar yang berisi banyan penjual yang menawarkan produk-produk yang perbedaannya sangat sedikit. Karena produk-produk tersebut tidak sama, maka penjual mempunyai sedikit kemampuan untuk menetapkan harga produknya..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar