- PENGARANG : LIA NATALIA
- TEMA : Analisis Faktor Persepsi yang Mempengaruhi Minat Konsumsi untuk Berbelanja pada Giant Hypermart Bekasi
- LATAR BELAKANG MASALAH : Faktor yang mempengaruhi Keputusan Belanja yaitu, Keputusan belanja di pengaruhi oleh kepercayaan , sikap , dan nilai-nilai pelanggan serta berbagai faktor dalam lingkungan sosial pelanggan ( Christina Whidya Utami , 2006 ). Proses keputusan memilih barang atau jasa di pengaruhi oleh faktor lingkungan dan faktor pribadi di dalam diri seseorang.
- Faktor External
Faktor external yang mempengaruhi keputusan belanja antara lain :
A. Keluarga
Banyak keputusan belanja dibuat untuk produk yang dikonsunsi oleh keluarga secara kesuluruhan . Ritel harus memahami bagaimana suatu keluarga membuat keputusan belanja dan bagaimana anggota keluarga membuat keputusan belanja dan bagaimana anggota keluarga lainnya mempengarui keputusan ini.
B. Kelompok yang dijadikan acuan
Kelompok yang dijadikan acuan satu atau lebih orng-orang yang digunakan seseorang sebagai dasar perbandingan untuk kepercayaan,perasaan dan perilaku.
C. Budaya
Budaya adalah faktor yang mendasar dalam pembentukan norma-norma yang dimiliki seseorang yang kemudian membentuk atau mendorong keinginan dan perilakunya menjadi seorang konsumen Budaya dalam hal ini meliputi hal-hal yang dapat dipelajari dari keluarga,tetangga ,teman ,guru maupun tokoh masyarakat.
-Faktor Internal
Faktor pribadi atau internal di dalam diri seseorang yang mempengaruhi keputusan belanja antara lain :
A. Aspek Pribadi
Seseorang pelanggan akan mempunyai perbedaan dengan pelanggan yang lain karena faktor-faktor pribadi yang berbeda misalnya, tahapan usia, kondisi keuangan , gaya hidup kepribadian dan konsep diri.
B. Aspek Psikologis
Faktor psikologi yang mempengaruhi seseorang dalam tindakan membeli suatu barang atau jasa didasarkan pada motivasi , persepsi , kepercayaan , dan perilaku serta proses belajar yang dilalui konsumen.
- MASALAH : Berdasarkan latar belakang yang ada maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : " Apakah Faktor-Faktor yang mempengaruhi konsumen berbelanja pada Giant Hypermart Bekasi?
- TUJUAN : Konsumen di setiap segmen pasar membentuk kesan dari bebereapa toko yang berbeda didasarkan pada faktor-faktor yang mempengaruhi. Penelitian ini berusaha menjelaskan apakah faktor-faktor tersebut benar-benar mempengaruhi keputusan belanja pada Giant hypermart.
-METODOLOGI
DATA
Data penelitian merupakan data primer. Data dikumpulkan menggunakan instrument
penelitian kuesioner. Kuesioner dikembangkan untuk mengukur faktor persepsi konsumen
yang diteliti terhadap minat konsumen untuk berbelanja. Uji validitas dan reliabilitas terlebih
dahulu digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas kuesioner. Variabel yang diteliti
yaitu lokasi, harga, kelengkapan produk, kualitas produk, pelayanan, kenyamanan berbelanja
dan promosi.
ALAT ANALISIS
Populasi penelitian adalah pengunjung Giant Hypermarket Bekasi. Penelitian dilakukan
terhadap 100 responden. Berikut adalah gambaran umum responden berdasarkan umur, jenis
kelamin, status, pekerjaan, pendidikan, dan penghasilan.
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | |
| |
| |
Output SPSS tersebut menunjukan tabel reliability statistic, yang terlihat sebagai Cronbach
Alpha adalah 0,976 > 0,6, reliabilitas suatu konstruk variabel dikatakan baik apabila Cronbach
Alpha > 0,6 sehingga dapat disimpulkan bahwa konstruk pernyataan dari seluruh variabel
adalah reliabel.
Analisis Regresi Linear Berganda
Dengan menggunakan program komputer SPSS, maka diperoleh hasil sebagai berikut.
Model | R | R Square | Adjust R Square | Std. Error of the Estimate |
1 | 0,969” | 0.939 | 0,935 | 0,39916 |
Berdasarkan tabel diatas nilai koefisien determinasi (R Square) adalah 0,939. Hal ini
menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independent (promosi, harga,
kelengkapan produk, lokasi, kenyamanan berbelanja, kualitas produk dan pelayanan) terhadap
variabel dependent (minat konsumen untuk berbelanja) sebesar 93,9%. Atau variabel
independent (promosi, harga, kelengkapan produk, lokasi, kenyamanan, kualitas produk dan
pelayanan) mampu menjelaskan sebesar 93,9% variabel dependent (minat konsumen untuk
berbelanja), sedangkan sisanya 6,1% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain.
VARIABLE | Beta | r | B x r | Kontribusi |
LOKASI | 0,145 | 0,159 | 0,023 | 9,388% |
KELENGKAPAN PRODUK | 0,198 | 0,145 | 0,029 | 11,837% |
KUALITAS PRODUK | 0,258 | 0,076 | 0,020 | 8,163% |
HARGA | 0,141 | 0,444 | 0,063 | 25,714% |
PELAYANAN | 0,042 | 0,065 | 0,003 | 1,224% |
KENYAMANAN BERBELANJA | 0,083 | 0,117 | 0,010 | 4,082% |
PROMOSI | 0,738 | 0,131 | 0,097 | 39,592% |
JUMLAH | | | 0,245 | 100% |
ANALISIS dan HASIL
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel lokasi, kelengkapan
produk, kualitas produk, harga, pelayanan, kenyamanan berbelanja dan promosi berpengaruh
terhadap minat konsumen untuk berbelanja. Variabel lokasi, kelengkapan produk, kualitas
produk, harga dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap minat konsumen untuk
berbelanja, sedangkan variabel pelayanan dan kenyamanan berbelanja tidak berpengaruh
terhadap minat konsumen untuk berbelanja. Sedangkan variabel yang paling dominan
terhadap minat konsumen untuk berbelanja adalah promosi.
Tentunya hal ini memberikan implikasi manajerial yang penting pada pihak manajemen bisnis
eceran untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi minat konsumen
untuk berbelanja. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya agar memperbanyak variabel atau
menambah jumlah responden agar hasil penelitian lebih akurat, serta membandingkan dua
atau lebih ritel yang diteliti agar tampak ritel mana yang paling diminati dan dari segi apa
konsumen lebih meminati ritel tersebut. Untuk variabel pelayanan dan kenyaman tempat
berbelanja sebaiknya tidak digunakan untuk melakukan penelitian karena kedua variabel
tersebut tidak memengaruhi minat konsumen untuk berbelanja, kecuali jika peneliti ingin
membandingkan dua atau lebih objek penelitian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar