IBNU C.R

IBNU C.R

Sabtu, 06 November 2010

Pasar dan Persaingan

Pasar (market)
  • Sekumpulan pembeli dan penjual barang atau jasa tertentu.
  • Suatu instuasi yang pada umumnya tidak berwujud. secara fisik yang mempertemukan penjual dan pembeli suatu komoditas ( barang dan jasa )
Pasar kompetitiv (competitive market ): pasar yang terdiri atas banyak sekali pembeli dan penjual sehingga pengaruh masing-masing terhadap harga pasar dapat diabaikan karena sedemikian kecilnya.



Persaingan 

Pasar persaingan sempurna 
 Dibentuk oleh dua karakteristik utama yaitu:

  1.  Barang-barang  yang sedang ditawarkan semuanya sama.
  2. Pembeli dan penjual sedemikian banyaknya sehingga tidak ada seorang pembeli atau penjual pun yang dapat mempengaruhi harga
pembeli dan penjual sebagai penerima harga (price taker)

Pasar Persaingan tidak Sempurna
  • Monopoli : pasar yang hanya memiliki seorang penjual, dan penjual inilah yang menetapkan harga.
  • Oligopoli : Pasar yang hanya memiliki sedikit penjual dan dan para penjual tidak selalu bersaing secara agresif.
  • Persaingan Monopolistik : Pasar yang berisi banyan penjual yang menawarkan produk-produk yang perbedaannya sangat sedikit. Karena produk-produk tersebut tidak sama, maka penjual mempunyai sedikit kemampuan untuk menetapkan harga produknya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar